Biro Hubungan Masyarakat (Humas)

Fungsi Dakwah :

1. Teamwork dan relasi

  • Internal teamwork & Relation

Internal teamwork disini dimaksudkan agar sesama departemen dan biro di FSI FISIP UI bekerja sama dalam memasifkan agenda mereka. Dari sini, humas sebagai pemegang kendali dan penyampai informasi memiliki kewajiban untuk memberitahukan kepada khalayak luas mengenai agenda-agenda dari mereka. Kenapa disebut internal teamwork ? ini karena humas memerlukan informasi dari departemen maupun biro yang ada di FSI sehingga humas bisa bekerja sama dengan mereka dalam membantu kerja mereka, khususnya dalam hal publikasi.

  • External teamwork & Relation

External teamwork disini adalah dimana humas dapat bekerja sama dengan pihak yang berada di  luar FSI seperti lembaga otonom di kampus, rekan media (media massa/media online), maupun birokrat kampus untuk mempublikasikan agenda FSI. FSI bisa mendapatkan publisitas, sebaliknya pihak yang bekerja sama dengan FSI pun juga akan memperoleh “nama”

2. Penyampaian informasi

  • Hard publication

Hard Publication akan diwujudkan dalam bentuk publikasi berupa cetak yang mana nantinya akan dipasang di spot-spot pilihan, seperti di pakom FSI maupun selasar-selasar Gd. F dan depan ATM Bersama. Publikasi cetak ini dapat berupa poster maupun pamflet yang isinya sesuai dengan agenda FSI berjalan.

  • Soft Publication

Kami menyadari bahwa sekarang ini perkembangan teknologi begitu masif sehingga banyak orang mendapatkan informasi melalui perangkat keras yang mereka punya. Maka dari itulah kami sebagai humas (sekaligus bekerja sama dengan biro media nantinya) akan berusaha mencoba memberikan informasi kepada khalayak seinformatif mungkin mengenai FSI itu sendiri, baik itu agendanya, maupun tulisan-tulisan yang berisi pandangan terhadap suatu isu secara online. Tujuannya disini adalah sebagai pembantu syiar secara pasif.

3. Fungsi branding dan pencitraan

FSI harus bisa mem-branding dirinya sebagai organisasi yang tidak dipandang ekslusif, namun sebuah organisasi yang bisa melebur ke dalam budaya-budaya yang dimiliki anak FISIP dan terbuka untuk siapa saja yang mau berpartisipasi, entah itu anak kantin, anak nongkrong, anak perpustakaan, anak laboratorium, dan sebagainya. Pengejawantahan dari hal ini adalah dalam kegiatannya, FSI sebisa mungkin akan menghindari istilah-istilah yang kaku seperti menggunakan bahasa Arab, namun dengan istilah yang Ammah (menyeluruh) atau dapat dipahami oleh budaya FISIP. Misal : Tarhib Ramadhan diganti menjadi Perayaan Ramadhan. Akan tetapi, , tetap saja, dakwah kampus juga memiliki sistem yang harus dipatuhi yang tetap berlandaskan Islam. Hal ini dapat dibahasakan secara sederhana, misalnya jika anak-anak lembaga dakwah mengenal adanya “jam malam”, kita dapat membahasakannya dengan pihak-pihak diluar ADK itu dengan bahasa “jam kerja”.

Pencitraan yang dibentuk kali ini adalah bahwa anak-anak FSI dapat menjadi seorang figur pemimpin publik, dimana pemimpin publik adalah seseorang yang bisa memberikan teladan bagi sekitarnya. Anak-anak FSI diharapkan bisa menerapkan budaya belajar dan berkarya sehingga mereka bisa menciptakan prestasi bagi mereka. Dari sini, yang diharapkan adalah orang luar FSI bisa mengenal bahwa anak-anak FSI dapat mencontohkan hal-hal yang positif sehingga secara tidak langsung orang-orang di sekitar kita akan mengikuti kita secara sukarela , ibaratnya ada nilai-nilai keberkahan yang sustainable.

 

Visi

“Membangun citra FSI 29 yang inklusif, aktif, dan hangat.”

Misi

  • Melakukan koordinasi yang tersistem sebagai penyambung informasi lembaga kepada publik.
  • Menjalin hubungan internal yang baik dengan seluruh anggota FSI
  • Mendorong setiap anggota FSI untuk menciptakan citra FSI yang inklusif dan bersahabat
  • Menjadikan potensi media sosial dalam syiar dan visualisasi dakwah – informasi yang dekat dengan publik FISIP.
  • Melaksanakan tugas dengan profesional, konsisten, dan ikhlas

Tagline

“Bergerak, Aktif dan Hangat”

 

Program Dakwah

1. Support Kegiatan dan Pusat Informasi FSI FISIP UI 29

Bersama dengan media kami membuat SOP Publikasi kepada biro/dept lain dalam membuat jarkoman atau informasi kegiatan FSI. Disini Humas dan Media berkewajiban menjaga agar publikasi yang dibuat sesuai dan konsisten dengan citra yang diusung FSI tahun ini. Hal yang penting juga untuk mewajibkan anggota FSI like dan share publikasi yang dilakukan FSI. Humas juga berperan sebagai contact person FSI secara keseluruhan. Kami juga akan bertanggung jawab menjadi admin media sosial FSI dan melayani kritik dan saran baik online maupun offline.

2. Mading

Merupakan pemanfaatan fasilitas pakom yang telah tersedia. Mading nantinya akan dibagi menjadi dua bagian. Pertama, akan diisi konten informasi yang dibuat oleh departemen atau biro yang ada di FSI atau Penuansaan momen-momen besar, seperti Ramadhan, Welmab, dan Wisuda. Bagian kedua akan berisi timeline kegiatan FSI selama bulan berjalan. Selain itu, di mading juga akan disediakan kotak pertanyaan yang akan dijawab oleh bidang yang bersangkutan. Selain itu juga ada kotak kritik dan saran kepada FSI. Humas akan selalu bekerjasama dengan Biro Media dan departemen lain dalam menghidupkan pakom FSI yang ada. Dalam hal ini Humas akan berfungsi sebagai pengatur konten-konten serta tampilan mading agar dapat sesuai dengan citra / branding FSI dan tepat sasaran

3. FSI Siap Balesin

Merupakan program kegiatan humas yang akan mewadahi muslim FISIP untuk bertanya mengenai hal-hal yang ingin dipertanyakan mengenai dunia keislaman. FSI siap balesin nantinya akan dilaksanakan melalui Live chat OA FSI atau jika memungkinkan melalui Live Instagram dalam tajuk “FSI Siap Jawab”. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 1 kali sebulan setiap malam sabtu/malam minggu (tentatif sesuai kondisi). Dalam malam sabtu pada minggu I, akan diwadahi seluruh mahasiswa FISIP untuk bertanya (konsultasi) mengenai apa saja melalui OA FSI. Kemudian pertanyaan akan disortir dan akan ditanyakan pada bidang yang sesuai dengan pertanyaan tersebut, lalu humas menjadi perantara akan hal itu. Live chat ini akan berlangsung selama 2 jam. Live Instagram akan dilakukan ketika ada pembicara yang memadai untuk membahas sebuah topik. Dalam hal ini kami akan bersinergi pada seluruh anggota FSI dan khususnya bidang ARC untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

4. Go Video

Merupakan program kerja humas yang akan berkolaborasi bersama media untuk membangun citra FSI yang lebih baik. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan zaman semakin berubah, kini banyak orang lebih menyukai audio visual dibanding hanya membaca
saja. Untuk itu FSI juga ingin menjangkau seluruh masyarakat FISIP melalu video-video yang akan dibuat dengan menyesuaikan budaya yang ada di FISIP, namun makna atau nilai-nilai keislaman yang dibawa tetap dapat sampai pada yang menonton.

– Mitos/Fakta (episode): Series video yang akan dibuat dengan menghadirkan pertanyaan-pertanyaan umum namun masih diragukan apakah itu benar anjuran dalam islam atau tidak. Misal mengenai “Laki-laki itu wajib sholat ke mesjid. Mitos/fakta?”. Lalu hal itu nantinya akan dipertanyakan pada beberapa masyarakat FISIP dari seluruh kalangan untuk ditanyakan pendapatnya. Sehingga pada akhirnya nanti akan dijelaskan oleh yang ahli/paham mengenai itu berdasarkan tuntunan islam. Nantinya, series ini akan dilakukan 1 kali sebulan dan jika tidak memungkinkan minimal dilakukan 1 kali dalam 2 bulan.

-Video-video lainnya penunjang kegiatan-kegiatan FSI FISIP. Humas akan membantu memikirkan konsep yang tepat sambil tetap berdiskusi dengan bidang terkait serta pada proses pelaksanaannya akan turut berkolaborasi dengan media.

– Video kolaborasi dengan BO keagamaan lain

– Video lainnya yang dirasa penting dan diperlukan untuk branding FSI. Misal video tentang “FSI 29 in 60seconds”, dan sebagainya

5. FSI and Friends

Merupakan kunjungan yang akan dilakukan oleh Humas kepada stakeholder FSI. Yang akan menjadi prioritas adalah kemahasiwaan, DKM serta kepada LD lain. Program ini dapat berbentuk mengunjungi atau dikunjungi yang akan disesuaikan dengan kondisi serta mendorong departemen lain untuk kolaborasi dengan lembaga lain. Fokus program ini bukan hanya melakukan, tetapi juga menjadi penghubung untuk menerima kunjungan dari lembaga lain. Greeting card pada hari-hari besar kepada lembaga terdekat, dan online card kepada lembaga sahabat di luar UI. Booklet pengenalan FSI diawal kepengurusan kepada Stakeholder FSI.

6. Connecting Synergy More!

Inti dari proker ini adalah untuk tetap menjaga dan menjalin hubungan baik dengan alumni. Hal ini bisa direalisasikan dengan jaulah online atau offline (sesuai kebutuhan) dan melibatkan para alumni dalam kegiatan FSI serta mendorong departemen-departemen untuk turut menyertakan alumni dalam kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan. Pada kunjungan ini Humas bersama rekan-rekan FSI yang bisa meluangkan waktunya akan melakukan depth sharing dengan alumni berbagi pengalaman dan insight, kritik, saran, dan meminta dukungan yang bisa Alumni berikan kepada dakwah FSI, misal menjadi pembicara, memberi donasi dsb. Selain itu kunjungan bisa juga secara online, di mana pada bulan tertentu Alumni akan diundang ke grup besar FSI dan berbagi insight tertentu sesuai bidang beliau. Jaulah juga akan menghasilkan profil alumni yang akan di share inspirasinya secara internal dan eksternal. Seiring jaulah-jaulah tersebut akan ada pendataan database dan menjadi awal yang baik untuk menjaring para Alumni menyatukan sinergi. Press Release kegiatan FSI setiap bulan juga menjadi hal rutin yang akan di publikasikan kepada Alumni melalui milis dan jaringan alumni.

 

Susunan Keanggotaan Biro Humas FSI FISIP UI 29

Kepala Biro: Noveliyati Sabani (Komunikasi ’15)

Wakil Kepala Biro: Rumaysha Gikha Nisrina (Komunikasi ’15)

Staff:

1. Dinda Wahyuni (Sosiologi ’17)

2. Aisyah Nuraeni (Kesejahteran Sosial ’17)

3. Shiva Noor Insani (Komunikasi ’17)

4. Iqbal Husaini (Antropologi ’17)

5. Putra Balad Kurniawan (Antropologi ’17)

6. Rivan Habie Syafa’at (Antropologi ’17)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 6 =